September 15, 2012

Korelasi Teknologi, Jejaring Sosial dan Dakwah

Sahabatku, inovasi teknologi dan digital memang memudahkan jalan dan cara kita mengarungi kehidupan, baik untuk tujuan dunia maupu akhirat kita. Demikian juga dengan maraknya jejaring sosial yang semakin hari semakin merajalela di kehidupan kita, seperti Facebook dan Twitter. Mungkin memang banyak sekali dampak negative dari situs-situs jejaring sosial tersebut, namun jika kita bisa berfikir lebih jauh ke depan… bukankah jejaring-jejaring sosial tersebut bisa menjadi media dakwah yang sangat efektif untuk kemashlahatan ummat??? Allahu akbar! Sebagai muslim yang tinggal di era modern, mau tidak mau kita jg harus bertindak cerdas menyikapi permasalahan yg dulu kerap menyelimuti jalan dakwah kita. Misalnya, jika dulu berdakwah harus bertatap muka langsung di majlis, dengan adanya media sosial di dunia maya, kita bisa saling berbagi mencari ilmu sekaligus berdakwah tentang Islam dengan mudah dan efisien.
Sungguh ketinggalan jaman kalo tahun 2012 masih ada pemuda dan pemudi muslm yang tahunya Cuma kultum (Kuliah Tujuh Menit รจ meski kadang2 lebih lama dari itu) dan kulsub (Kulsub). Masih ada 1 lagi, man! What’s that?
Yupzzz! Kultwit! Alias Kuliah Twitter. Realitanya, sungguh banyak akun2 di twitter yang sangat bermanfaat hingga sekarang sedang marak-maraknya istilah kultwit. MasyaAllah! Ya, banyak ilmu yang bisa kita peroleh, khususnya tentang Islam layaknya materi yang dikaji di kultum maupun kulsub. Bahkan bahasan-nya bisa lebih mendalam lagi seperti yang ada di kajian rutin di majlis-majlis. Coba deh yang sudah punya akun di twitter alias tweeps, biar berkah… yukkk, follow akun2 Islami biar bisa dapat kultwit saat nge-twitt. Biar hati tetap terjaga meski sedang twitter-an, sekalian cari ilmu… Kalo belum punya? Halah, tinggal bikin akun gitu aja kok repot…. Hehehe… Terus tinggal follow aja akun-akun islami-nya.
Pun demikian dengan jejaring sosial Facebook. Selain bisa menjalin siaturahim, biar tambah berkah akun kita… kita bisa me-Like page-page Islami yang insyaAllah sangat bermanfaat untuk mencari ilmu. Banyak kok Fan Page Islami di facebook baik itu yang level regional maupun internasional, dengan berbagai bahasa.
Lalu apa korelasi-nya dengan kewajiban kita untuk berdakwah?
Kita bisa berbagi ilmu yang sudah didapat dengan teman-teman kita, sob… Kalo di FB kita tinggal klik share! Kalo di twitter kita tinggal klik Retweet! Apa susahnya? Tentunya kita juga harus sadar untuk tidak asal share dan retweet… kita juga harus paham akan ilmu yang kita bagikan, dan berusaha bersama-sama mengamalkan ilmu yang sudah kita dapat tersebut.
Demikianlah secuil pemikiran tentang korelasi antara teknologi, jejaring sosial, dan dakwah yang notabenenya memang benar-benat sedang merebak di masyarakat kita. Kita memang manusia biasa yang tak lepas dari khilaf, salah dan dosa. Bukan berarti saat kita membagikan ilmu yang kita miliki pada orang lain itu tandanya kita lebih pintar…. Bukan, itu salah besar! Tapi posisi kita di sini adalah untuk saling mengingatkan. Walahu a’lam bisshowab…
Keep Going on The Way of Allah. May Allah bless us… Aamiin…

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar